disini kita akan berbagi pengalaman dan pengetahuan seputar Blog dan komputer

Visi dan Misi Semanda


VISI

Menjadi sekolah yang unggul, dan kompetitif berlandaskan iman dan takqwa.

MISI
Mengembangkan sistem manajemen yang handal dan berkualitas.Meningkatkan sistem KBM yang berkualitasMeningkatkan profesionalisme sumber daya manusia ( SDM )Meningkatkan fasilitas dan lingkungan hidup disekolah yang kondusif untuk menunjang pembelajaran

LANGKAH PEMBUATAN 3D ANIMATION

Pembuatan animasi 3D kadang kala gagal menghasilkan tontonan yang menarik, bahkan malah membosankan. Itu semua karena pembuatan animasi 3D tersebut tidak menggunakan lankah yang benar. Agar animasi 3D anda bias dijadikan tontonan yang menarik, sebaliknya ikuti langkah dasar pembuatan animasi 3D ada 3 macam yaitu praproduksi, produksi dan pascaproduksi.


Ø Praproduksi


Praproduksi merupakan langkah pertama dalam pembuatan animasi 3D. Di sini anda harus mempersiapkan segala sesuatu yang akan Anda butuhkan. Hal-hal yang perlu Anda siapkan dalam praproduksi adalah


1. Penulisan Cerita

Penulisan cerita di sinih adalah penentuan alur cerita yang akan diangkat dalam animasi Anda . Atau, bias juga diartikan sebagai penentuan tema cerita

2. Pembuatan Desain

Setelah anda membuat alur cerita atau telah menentukan tema cerita maka selanjutnya adalah pembuatan desain. Desain yang harus disiapkan di sini adalah desain karakter dan environment atau linkungan penduduk

3. Persiapan Budget

Setelah pembuatan cerita dan kemudian pebuatan desain, kalkulasikan budget yang akan dikeluarkan dalam pembuatan animasi tersebut. Persiapan budget diperlukan jika proyek anda bersifat komersial.

Ø Produksi

Produksi merupkan langkah kedua untuk pembuatan animasi 3D. Bagian produksi ini merupakan langkah utama dalam pembuatan animasi. Di bagian produksi inilah anda harus membuat beberapa keperluan yang sangat vital dalam animasi 3D anda. Berikut adalah langkah-langkah dalam produksi yaitu:

1. Modelling

Modelling merupakan pembuatan bentuk objek atau model 3D di computer dengan dasar koordinat XYZ.

2. Texturin.

Texturin merupakan pemasangan gambar atau image pada model agar terlihat seperti nyata.

3. Skeletal Setup

Skelet Setup merupakan proses pembuatan tulang pada karakter dan pengaturan gerakan tulang.

4. Skining

Skining adalah proses pemberian kulit pada tulang yang sudah di-setup.

5. Animation

Animation merupakan proses penganimasi karakter atau objek dengan gerakan frame per frame.

6. Visual Effect

Visual Effect merupakan proses pemberian efek pada animasi yang sudah jadi. Bentuk Visual Basic adalah effect api, ledakan dan lain sebagainya

7. Rendering

Rendering ini adalah merupakan proses terakhir dalam langkah produksi. Rendering merupakan proses finalisasi semua objek wireframe dan partikel menjadi gambar yang bagus dan indah untuk dinikmati.

Ø Pascaroduksi

Pascaproduksi merupakan langkah ketiga dalam pembuatan animasi 3D. Pascapruduksi bias juga diartikan sebagai langkah finising dalam pembuatan sebuah animasi. Langkah ini terdiri dari 3 tahapan yang penting, yaitu compositing, editing dan music & sound.

1. Compositing.

Compositing merupakan lankah pertama untuk proses pascaproduksi. Arti compositing semdiri merupakan proses menggabungkan elemen gambar menjadi satu bagian yang utuh dan kemudian melakukan proses finalisasi dengan koreksi warna.

2. Editing

Langkah kedua proses pascaroduksi ini adalah editing. Editing disinih diartikan senagai pengaturan alur cerita continuity agar cerita dapat dimengerti dan dinikmati oleh orang yang melihat.

3. Music and sound

Langkah ketiga pascaproduksi adalah pemberian musik dasn sound effect yang bisa menhidukapkan suasana dan cerita dari animasi yang dibuat. Musik dan sound adalah proses memasukan music dan sauond efek pendukung, juga unsur dialog yang bisa menghidupkan animasi.

0 komentar:

Posting Komentar